Number of 666

December 30, 2010

10 Kegagalan Teknologi Terbesar 2010 (versi CNN)

Filed under: Adi666 — adiprayit @ 11:12 am

Menjelang tutup tahun banyak media membuat daftar tentang berbagai hal dari berbagai bidang, tentang kesuksesan maupun kegagalan. Baru-baru ini CNN membuat daftar dari sepuluh kegagalan teknologi sepanjang tahun 2010. Daftar-daftar seperti ini memang bisa sangat subyektif dan tergantung titik pandang dan manfaatnya. Bagaimanapun, daftar kegagalan atau kesuksesan ini bisa menjadi bahan instrospeksi untuk perbaikan pada masa depan, begitu setidaknya.

1. Antennagate iPhone 4

Seiring berita kesuksesan peluncuran iPhone 4 tahun ini, menyembul pula setitik nila yang sempat mengguncang orang-orang di Cupertino, markas besar Apple. Bermula dari laporan seorang konsumen tentang adanya masalah penerimaan sinyal saat memegang iPhone dengan cara tertentu. Awalnya Steve Jobs dan kawan-kawan menepis persoalan ini tapi pada akhirnya mengakuinya sebagai masalah software hingga memberikan cuma-cuma bumper untuk mengatasi masalah antena yang kondang dengan nama antennagate ini. Dengan adanya perbaikan software (iOS) lambat laun masalah ini mereda dan tidak mempengaruhi sukses penjualan iPhone 4.

2. 3D TV

Tahun ini beberapa vendor televisi meluncurkan televisi berformat 3 dimensi, yakni kita bisa menyaksikan tampilan televisi secara 3D dengan mengenakan kacamata khusus. Akan tetapi, CNN menganggap teknologi ini gagal (mungkin secara penjualan) karena siapa yang rela membayar 40jutaan hanya untuk menyaksikan program televisi seolah-olah tampil 3D dengan mengenakan kacamata khusus.

3. Microsoft Kin

Pernah dengar nama Microsoft Kin? Tidak? Jangan khawatir dianggap gaptek karena smartphone buatan Microsoft ini hanya seumuran jagung, lahir April 2010, mati Juli 2010. Smartphone yang semula disasarkan buat anak-anak ini seolah-olah seperti iPhone versi Lite tetapi cukup gagal di pasaran hingga Microsoft beralih mengembangkan Windows Phone 7.

Kin, salah satu contoh gadget yang layu sebelum berkembang.

4. Nexus One

Smartphone berbasis Android buatan Google yang dimanufaktur HTC ini sempat digadang-gadang menjadi pembunuh iPhone. Kesuksesannya tidak berlanjut karena bentuk penjualan Nexus One yang hanya melalui Internet. Saat ini untuk smartphone atau gadget orang masih mengandalkan pegang-pegang dulu baru beli. Gak ingin kan beli karung dalam kucing… eh kebalik.

5. Facebook Privacy

Sistem pengamanan pribadi di Facebook yang dibuat semakin longgar juga dianggap sebagai kegagalan teknologi. Tapi, kelihatannya peminat FB masih belum surut hingga akhir tahun ini.

6. Google Buzz

Buzz yang dijagokan Google sebagai ajang jejaring sosial di dunia maya ternyata tidak berkembang seperti yang diharapkan. Salah satu yang dianggap menggagalkannya adalah jika kita tidak mengatur di setup, setiap orang yang sering kita kontak melalui akun Google otomatis menjadi “follower” kita.

7. Gawker Media di-hack

Tidak lama saat diluncurkan Gawker Media, para hacker mengaku mampu mendapatkan username dan password dari user-nya. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 1,3 juta user dan password berhasil dibobol dan diungkap secara terbuka.

8. Content Farm

Model penulisan topik berdasarkan pengumpulan data dari hal-hal yang diinginkan pengguna Internet atau lazim disebut “content farm” juga dianggap sebuah kegagalan. Yahoo! membeli beberapa situs yang mengandalkan model penulisan seperti itu.

9. Digg relaunch

Digg sebagai situs berbagi konten dianggap gagal karena sebagian besar user lebih suka menggunakan Facebook atau twitter untuk berbagi link atau konten. Ditengarai kekurangnyamanan penggunaan dan adanya bug (gangguan yang menyebabkan error) menghalangi kesuksesan Digg.

10. iTunes Ping

Apple meluncurkan jejaring sosial via iTunes store yang maunya mengaitkan user dengan artis-artis terkenal (jadi ingat MySpace) tetapi belum banyak artis di sana dan tidak terkait dengan Facebook (hanya twitter). Hal itu salah satu atau dua yang dianggap menggagalkan iTunes Ping untuk jadi kondang tahun ini.

1 Comment »

  1. like me

    Comment by johnny — January 13, 2011 @ 8:42 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: