Number of 666

November 17, 2010

Karateristik Bahasa Jepang

Filed under: Bahasa Jepang, Jepang — adiprayit @ 6:17 am


Bahasa Jepang adalah bahasa yang unik, apabila kita melihat para penuturnya, tidak ada masyarakat negara lain yang memakai bahasa Jepang sebagai bahasa nasionalnya. Bandingkan dengan bahasa lainnya di dunia.

Sebagai bandingan bahasa lain seperti bahasa Inggris yang dipakai di beberapa negara sebagai bahasa nasionalnya seperti di Amerika, Inggris Australia, Selandia Baru, Kanada dan sebagainya. Sehingga walaupun hanya menguasai bahasa Inggris kita dapat berkomunikasi dengan warga negara tersebut.

Bahasa Jepang tidak sama dengan bahasa tersebut diatas, bahasa Jepang hanya dipakai oleh bangsa Jepang sebagai bahasa nasionalnya yaitu orang-orang yang lahir dan hidup di dalam lingkungan masyarakat dan kebudayaan Jepang. Kita dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang hanya dengan orang Jepang atau dengan orang lain yang pernah mempelajarinya.

Disisi lain juga bangsa Jepang hanya memakai satu bahasa sebagai bahasa nasionalnya yaitu bahasa Jepang. Tidak ada bahasa lain yang dipakai di Jepang sebagai bahasa nasionalnya. Sementara bangsa lain ada juga yang memakai dua, tiga, bahkan empat bahasa sebagai bahasa nasionalnya. Keunikan bahasa Jepang lainnya berkaitan dengan rumpun bahasanya.

Bahasa-bahasa yang ada di dunia ini pada umumnya jelas rumpun bahasanya, sedangkan rumpun bahasa Jepang sampai sekarang masih diperdebatkan oleh para ahlinya. Bahasa Jepang tidak dapat dimasukkan ke dalam suatu rumpun bahasa tertentu. Kecenderungannya bahwa bahasa Jepang merupakan bahasa yang terisolasi.

Bahasa Jepang juga memiliki karakteristik tertentu jika dilihat dari segi kebahasaan yaitu dari huruf yang dipakainya , kosa kata, sisitem pengucapan, gramatika dan ragam bahasanya.

Huruf yang dipakai memilki system penulisan yang sangat kompleks. Kosa kata bahasa Jepang kaya dengan kata-kata yang berhubungan dengan berbagai gejala alam termasuk tumbuhan, binatang dan lain sebagainya.

Jumlah vokal bahasa Jepang relatif sedilkit dibandingkan dengan bahasa-bahasa lainnya di dunia. Selain itu yang lebih khas lagi bahwa di dalam bahasa Jepang itu terdapat aksen tertentu yang tidak ada di dalam bahasa lainnya.

Ciri-ciri bahasa Jepang yang lainnya dilihat dari segi gramatika (tata bahasa) yaitu pola kalimatnya subjek, objek,verba dan juga memiliki bentuk-bentuk perubahan pada kata kerja, kata sifat dan verba bantu ke dalam berbagai bentuk.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: