Number of 666

November 17, 2010

Berbicara Bahasa Jepang Dengan Mudah

Filed under: Bahasa Jepang, Jepang — adiprayit @ 7:31 am

Ketika kita mulai mempelajari bahasa yang baru, langkah pertama yang dilakukan yaitu mempelajari sejumlah kata-kata yang sederhana. Kita akan dapat mulai berkomunikasi dengan kata-kata sederhana dan juga akan dapat memahami beberapa kata ketika mendengarkan apa yang dikatakan di dalam percakapan bahasa Jepang.

Berikut ini beberapa kata sedehana yang dapat dipelajari dengan cepat dalam percakapan bahasa Jepang misalnya kata “Konnichiwa” artinya Selamat siang atau Selamat sore. Merupakan ungkapan persalaman yang dipergunakan pada waktu bertemu dengan orang lain pada waktu siang atau sore hari.

Atau kita mungkin ingin bertanya tentang kabar atau kondisi, untuk ini dapat dipakai kata “Ogenki desu ka” Yang berarti Bagaimana kabarnya? atau Apa kabar?. Ungkapan “Ogenki desu ka” biasanya dijawab dengan ungkapan “Hai, genki desu” artinya Ya, sehat-sehat saja.

Berikut ini bagaimana berkata Ya dan Tidak. Ya adalah “Hai” dan “Tidak” adalah “Iie” salah satu yang paling mudah digunakan dalam bahasa Jepang. Digunakan tidak hanya untuk menyetujui, tetapi untuk menunjukkan bahwa kita memahami apa yang orang lain katakan.

Ini sebabnya kenapa kadang-kadang ada kebingungan ketika orang Jepang berkata Ya, dalam percakapan, ini berarti bahwa mereka memahami apa yang telah kita katakan, tetapi tidak harus menyetujuinya. Jika kita mendengarkan percakapan bahasa Jepang akan sering mendengar kata “Hai” dan “Iie”.Dipakai untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka memahami apa yang orang lain katakan.

Banyak orang tahu bahasa Jepang untuk Terima kasih adalah “Arigatou”. Merupakan ungkapan yang dipergunakan untuk menyatakan terima kasih atas suatu pemberian, bantuan perhatian dari orang lain. Ungkapan ini akan terasa lebih halus apabila diucapkan secara lengkap “Arigatou gozaimasu” atau “Arigatou gozaimashita “.

Ungkapan “Arigatou” biasanya dijawab dengan ungkapan “Dou itashimashite” atau “Iie Douitashimashite” yang dapat berarti Terima kasih kembali atau dapat dijawab pula dengan ungkapan “Kochira koso arigatou gozaimasu” yang berarti Sayalah yang berterima kasih.

Kita akan sering mendengar kata “Sumimasen” yang berarti Maaf. Dipakai untuk menyatakan permintaan maaf karena tidak berlaku sopan atau karena mempunyai kesalahan. “Sumimasen” pun diucapkan untuk mengharapkan atau meminta sesuatu, biasanya memakai pola “Sumimasen ga,….”.

Ada lagi cara yang lebih kuat untuk mengatakan Maaf yaitu menggunakan kata “Gomen Nasai”. Untuk menyatakan meminta maaf atas kesalahan,kekeliruan, gangguan atau kesulitan yang telah dilakukan. Ungkapan-ungkapan di atas tersebut ini sangat sering diucapkan dalam percakapan bahasa Jepang.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: