Number of 666

October 15, 2010

Cara Membuat Website: Hindari Elemen yang Mengganggu

Filed under: Adi666 — adiprayit @ 9:11 am

Yang pertama: jangan ganggu pengunjung kamu dengan teks yang nge-blink, teks berjalan atau musik.

Lagu atau suara adalah elemen yang mengganggu. Pengunjung kita juga akan sulit berkonsentrasi pada isi website kita kalau diganggu berbagai hal yang beterbangan di website kita.

Selain itu, lagu dan berbagai elemen script yang akrobatik sangat memperlambat website kita untuk di load oleh pengunjung. Mereka akan membuang waktu percuma untuk menunggu animasi atau lagu yang sebenarnya tidak mereka perlukan.
Masalah lain dengan teks yang berjalan adalah bahwa pengunjung kita tidak bisa membacanya dengan kecepatan mereka. Mereka terpaksa membacanya sesuai kecepatan yang sudah kita setting. Jika kita set terlalu cepat, mereka akan sulit membacanya, sedangkan jika terlalu pelan, mereka terpaksa harus menunggu dengan sabar sampai semua teksnya muncul yang sebenarnya.
Ini membuat kita sampai pada hal yang penting, selalu buat pengunjung kita pikirannya tertarik. Pastikan bahwa kamu membuat mereka tertarik dan bukan fokus pada diri kamu sendiri. Jangan berpikir gini yah, “Lihat nih, gw bisa bikin website yang keren”. Jangan desain website untuk diri kamu tapi desainlah untuk orang-orang yang akan menggunakannya nanti.

Kedua: Jangan Ganggu Pengunjung dengan Pop Up Windows.

Perhatikan ini, tidak ada seorang pun yang menyukai Pop Up Windows. Alasan satu-satunya untuk mengeluarkan pop up windows adalah demi kepentingan kamu sebagai pemilik website kan?
Coba bayangin kalau kamu lagi browsing, kamu pasti gak suka pop up, dijamin deh. Jawab dengan jujur pertanyaan ini. Kalau ada pengunjung website melihat Pop up windows kira-kira apa yang ada di pikiran mereka:

“Pop up windows? Wow, aku senang dengan pop up windows! Saya akan book mark website ini dan mengunjunginya sesering mungkin. Saya bahkan akan men klik link atau iklan yang ada di pop up karena aku seneng banget ama pop up.”

atau ini

Siapapun yg bikin website ini tidak menghormati aku sebagai pengunjung. Aku ga akan pernah lagi ke website ini”

Ok.. Itu Tips Cara membuat website yang kedua. Kita akan lanjutkan lagi dalam artikel berikutnya.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: