Number of 666

October 13, 2010

Persiapan Membuat Blog

Filed under: Adi666, Blog, Website, WordPress — Tags: , , , — adiprayit @ 5:57 pm

Saat ini memiliki sebuah blog bukan merupakan hal baru, dan hampir semua orang yang sering ber-internet sudah memiliki blog. Baik membuat blog dilayanan yang gratis seperti di blogger.com, wordpress.com, blogsome.com, dan layanan blog gratis lainnya maupun dengan menginstall blog pada domain dan hostingnya sendiri.

Dan bagi Anda yang saat ini belum memiliki blog, sudah saatnya Anda memiliki dan membuat sebuah blog, baik blog yang hanya dipergunakan sebagai website pribadi sampai membuat blog sebagai website bisnis.

Sebelum membuat sebuah blog, Anda bisa menentukan terlebih dahulu, Anda ingin membuat blog menggunakan layanan gratis atau menginstallnya pada domain dan hosting sendiri, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.


Pilihannya adalah:

1. Anda membuat blog pada layanan gratis.

2. Anda membuat blog dengan domain dan hosting sendiri.

Bila Anda memutuskan membuat blog pada layanan yang gratis, pilihan terbaik adalah dengan membuat blog di blogger.com sedangkan bila membuat blog dengan domain dan hosting sendiri, Anda bisa menggunakan software blog wordpress.

Mengapa bila membuat blog pada layanan yang gratis, pilihannya jatuh ke blogger.com? Hal ini dikarenakan blogger.com dimiliki oleh Google.com, sehingga proses pengindexan blog di blogger.com lebih baik dan bisa mendatangkan traffic (kunjungan) dari search engine Google.com.

Malahan sering kali posisi blog yang menggunakan layanan blogger.com bisa menempati posisi lebih tinggi dibandingkan dengan posisi sebuah website biasa dengan domain dan hosting sendiri. Kekurangannya bila Anda membuat blog diblogger.com, Anda akan mendapatkan alamat website seperti domainanda.blogspot.com, memang alamat blog Anda akan menjadi lebih panjang.

Tetapi bila Anda mau mengeluarkan uang untuk pembelian domain dan hosting, Anda bisa menggunakan software blog wordpress yang bisa diinstall pada web hosting Anda sehingga Anda akan memiliki alamat website domainanda.com, lebih simpel. Dan blog wordpress menyediakan template tampilan website yang lebih menarik.

Proses pemilihan ini lebih dipengaruhi tujuan Anda membuat blog, bila hanya untuk berexpressi diri saja, Anda bisa menggunakan blog gratis di blogger.com, tetapi bila Anda ingin serius untuk membangun bisnis melalui blog dan membangun branding diri Anda, saya sarankan Anda membeli domain dan hosting, dan menginstall blog wordpress pada web hosting Anda.

Jadi kesimpulannya adalah

Bila Menggunakan Blog pada layanan yang gratis, Anda pilih membuat blog di blooger.com
Bila Menggunakan Domain dan Hosting sendiri, Anda pilih membuat blog menggunakan software blog wordpress

Belajar Buat Blog Pada WordPress

WordPress disamping menyediakan software blog gratis yang bisa diinstall di web hosting Anda, wordpress juga menyediakan layanan blog gratis di wordpress.com, tetapi bila Anda mau menggunakan layanan blog gratis, pilihan terbaik menggunakan blogger.com, dikarenakan membuat blog di blogger.com lebih mudah diindex dibandingan membuat blog pada layanan blog gratis lainnya.

Untuk membuat blog dengan menggunakan domain dan hosting, Anda perlu membeli domain dan hosting untuk blog Anda. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

Memilih Domain dan Hosting
Membeli Paket Domain dan Hosting
Menginstall software Blog WordPress

~ Memilih Domain dan Hosting

Apa itu domain? Domain adalah sebuah nama yang digunakan sebagai alamat website Anda di internet. Setiap orang yang ingin membuka website Anda, ia harus mengetikkan nama domain Anda.

Anda bisa memilih nama domain apa saja asalkan masih tersedia. Pilihlah nama domain yang paling sesuai dengan tujuan Anda membuat blog. Untuk blog pribadi dan untuk membangun branding pribadi, Anda bisa membeli domain dengan nama Anda sendiri.

Selanjutnya apa itu hosting? Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda pada sebuah server yang terhubung dengan internet.

Untuk membeli domain dan hosting ini, bisa Anda lakukan dengan membelinya pada website yang menyediakan jasa registrasi domain dan penjualan hosting baik di Indonesia maupun diluar negeri. Bila Anda melakukan registrasi domain dan hosting di Indonesia, Anda bisa menggunakan domainhostingmurah.net.

domainhostingmurah

Sedangkan bila Anda ingin membeli domain dan hosting di luar negeri bisa menggunakan Hostupon, dimana paket yang disediakan hostupon merupakan paket unlimited domain, unlimited bandwidth, unlimited database, sehingga Anda cukup membeli 1 paket web hosting untuk tempat hosting semua website-website Anda lainnya. Anda tidak perlu membeli paket hosting setiap kali Anda mau membuat website. Lebih hemat bila Anda berniat untuk membuat banyak website.

Dalam membeli paket hosting, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Sistem Server yang digunakan, Linux Web Hosting atau Windows Web Hosting. Pemilihan ini akan berhubungan dengan software dan bahasa pemograman yang bisa digunakan. Anda bisa memilih Linux Web Hosting untuk penggunaan software blog wordpress.

2. Disk Space yang disediakan. Disk space adalah kapasitas yang diberikan untuk menyimpan file-file website Anda.

3. Bandwidth yang disediakan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diijinkan. Bila kapasitas akses perbulan sudah habis, maka website tidak bisa diakses sampai akhir bulan. Bandwidth akan direset setiap awal bulan. Setiap orang yang mengakses website Anda baik hanya membuka saja atau mendownload file website akan menghabiskan bandwidth.

4. Jumlah domain yang diperbolehkan untuk 1 paket web hosting. Tergantung paket hosting yang Anda beli. Untuk unlimited domain berarti Anda bisa menggunakan domain yang tidak terbatas untuk 1 paket web hosting.

5. Jumlah database yang diberikan. Anda perlu perhatikan juga, ada perusahaan hosting yang memberikan unlimited domain tetapi dengan jumlah database terbatas. Database ini digunakan bagi website yang memerlukan database untuk menyimpan data-data di websitenya. Sehingga bila jumlah database yang diberikan hanya 10, walaupun diberikan unlimited domain, berarti Anda hanya bisa membuat 10 website saja yang memiliki database.

Membeli Domain dan Hosting

Anda bisa membeli domain dan paket web hosting pada website berikut:

1. Untuk di Indonesia, Anda bisa membeli di domainhostingmurah.net yang merupakan website waralaba dari web hosting idwebhost. Pembelian melalui domainhostingmurah.net akan lebih murah sekitar 8-10% dibandingkan dengan pembelian langsung di idwebhost, sedangkan fasilitas dan support yang diberikan tetap sama yaitu dilakukan oleh idwebhost.

domain hosting murah

2. Untuk di luar negeri. Anda bisa membeli di hostupon, yang memberikan paket web hosting untuk unlimited domain, unlimited disk space, unlimited bandwidth, unlimited database. Anda pilih hostupon bila Anda memang akan membuat banyak website, sehingga Anda tidak perlu membeli paket hosting lagi.

unlimited hosting

Sekian dulu Tutorialnya, tunggu artikel selanjutnya…

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: