Number of 666

June 29, 2010

Masalah – masalah Komputer yang sering terjadi (hardware)

Filed under: Uncategorized — adiprayit @ 8:58 am

Sebagai pengguna komputer END USER sering kita tidak tahu dan kadang tidak mau tahu permasalahan di dalam isi perut komputer, yang penting komputer bisa dipakai untuk kerja itu sudah baik. Perlu diketahui bahwa anda sudah membuat CELAH untuk teknisi komputer yang tidak baik melancarkan aksinya untuk menipu anda. Percaya atau tidak saya sering menemui kejadian seperti itu. Memang tidak mudah untuk mencari tenaga teknisi yang PROFESIONAL dan TERPERCAYA. Ada yang pintar tapi sukanya menipu, jadi sulit dipercaya.Ada juga yang sangat dipercaya tapi kerjanya kurang bisa. Yang lebih parah lagi sudah nggak bisa masih nggak dipercaya juga.
Puji Tuhan selama ini saya masih dianggap BISA dan BISA DIPERCAYA oleh semua CUSTOMER saya.

Agar anda tidak menciptakan CELAH yang seperti saya sampaikan di awal maka saya akan berikan tips – trik seluk beluk kerusakan komputer, biar anda bisa lebih memahami jika tiba – tiba komputer bermasalah, minimal tau bagian mana yang rusak dan harus berbuat apa.

1. Komputer Menyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Layar : Hal ini sering saya temui ternyata permasalahanya hanya sepele, memory / ram kendor atau kotor kaki-kakinya ( yang kuningan ) atau memory mati. Solusi : a.Lepas lalu pasang kembali b. Bersihkan kaki-kakinya dengan penghapus pensil hingga bersih c. Coba ganti dengan yang baru.
2. Komputer berbunyi TIT 3x pendek/cepat : namun power hidup tapi tdk ada tampilan itu kerusakan pada VGA cardnya, bisa jadi kendor atau kotor kaki-kakinya atau mati.Solusi a. Lepas dan tancapkan kembali, b. Bersihkan kaki-kakinya yang berwarna kekuningan dengan penghapus pensil, c.Ganti dengan yang baru.
3. Komputer berbunyi TIT…TIT…TIT…TIT…terus dan teratur tidak berhenti sebelum kita matikan : Kerusakan pada memory card / ram. Solusi : lakukan hal-hal sama dengan point 1.Jika tidak berhasil mainboard anda yang rusak.
4. Komputer keluar TULISAN DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER : kerusakan pada hardisk anda atau system yang ada dihardisk hilang. Solusi : Pastikan hardisk dikenal didalam sistem BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / hardisk yang muncul atau tekan del pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk anda muncul tidak disitu. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya systemnya/partisinya yang hilang> lakukan instalasi system lagi, jika tidak muncul hardisk anda yang rusak> Ganti dengan yang baru. Atau coba tepuk secara perlahan badan hardisk lalu nyalakan lagi, jika berhasil segera backup data anda.Kenapa di tepuk pelan? sekedar memberi goncangan sedikit di motor hardisk yang macet agar bergerak lagi.
5. Komputer tiba – tiba tidak bisa membaca Flashdisk : Masalah kebanyakan pada powersupply komputer yang sudah lemah, karena flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah, jika powernya kurang berdampak pada pembacaan data yang ada di flashdisk. Solusi : Ganti PowerSupply atau coba colokan pada USB bagian belakang, karena langsung menempel di mainboard siapa tau powernya lebih bagus.
6. CD / DVD rom sulit terbuka/terkunci : masalahnya karena CDrom jarang digunakan dan sudah tua sehingga karet penggerak dari motor ke roda gigi mengendor sehingga pada saat motor bergerak membuka pintu cd terjadi slip sehingga pintu tidak bisa terbuka.Solusi : ambil sebuah paperclip luruskan lalu tusuk pada bagian pintu cdrom yang ada lubang kecilnya, dorong hingga pintu berhasil terbuka.Saran : Sebaiknya jangan biarkan CDrom selalu kosong,paling tidak masukan cd blank agar motor cd rom tdk macet.
7. Monitor berubah – ubah warna : Kerusakan pada RGB monitor anda, kemungkinan besar ada patrian/solderan yang terlepas/retak atau kabel data monitor tidak terkunci dengan baik ke VGA. Solusi : Reparasi Monitor atau kencangkan kabel data ke vga.
8. Flopy Disk menyala-nyala terus : ada virus lokal di komputer anda, bersihkan dengan antivirus lokal saja pasti hilang.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: